Sabtu 03 Oct 2015 14:48 WIB

Izin Terbang Maskapai Aviastar Ternyata Terancam Dicabut

Rep: c 14/ Red: Indah Wulandari
Warga melintas di depan konter Aviastar di Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/10).
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Warga melintas di depan konter Aviastar di Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Maskapai penerbangan Aviastar ternyata sudah mendapat peringatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pemenuhan regulasi penerbangan, khususnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009.

Menurut staf khusus Menteri Perhubungan Hadi Mustofa Juraid, Kemenhub akan mencabut izin terbang maskapai tersebut bila UU Nomor 1 Tahun 2009 tidak dipatuhi.

Hadi menyebutkan, Kemenhub telah memperingatkan maskapai Aviastar berulang kali sejak Januari 2015, kemudian pada Juni dan September tahun ini.

“Sudah kita sampaikan ke mereka sejak Januari 2015 untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang itu. Bahwa maskapai niaga berjadwal itu harus punya lima pesawat dimiliki sendiri dan lima pesawat itu boleh sewa. Harus 10 dia punya (pesawat). Kalau enggak begitu, kita cabut izin maskapainya,” ujar Hadi Mustofa di Menteng, Jakarta, Sabtu (3/10).

Adapun Aviastar sendiri sebenarnya sudah memiliki 10 pesawat terbang. Namun, menurut Hadi, dari jumlah tersebut, sebanyak tiga pesawat bukan pesawat komersial berjadwal.

“Tujuh (jenis) Twin Otter dan tiga yang tidak digunakan untuk (penerbangan komersial) berjadwal, tapi digunakan untuk yang lain. Ini kajian dari kita,” ucap dia.

Namun, Hadi memastikan, soal kepatuhan akan kepemilikan pesawat sebagaimana amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, merupakan hal yang berbeda dari insiden hilangnya pesawat, Jumat (2/10) kemarin.

Pihaknya masih harus menunggu hasil investigasi dari KNKT untuk mengambil sikap sebagai regulator terhadap Aviastar.

Sekitar pukul 14.25 WITA kemarin, pesawat milik Aviatsar hilang kontak setelah lepas landas dari Bandar Udara Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Pesawat seharusnya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Hingga kini, pencarian badan pesawat masih terus dilakukan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement