Senin 12 Oct 2015 05:23 WIB

Aisyiyah: Indonesia Darurat Kekerasan Seksual Anak

Rep: Marniati/ Red: Winda Destiana Putri
Anak kecil yang mengalami kekerasan kerap trauma/ilustrasi.
Anak kecil yang mengalami kekerasan kerap trauma/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi kemasyarakatn (Ormas) Aisyiyah mengatakan saat ini Indonesia sedang dalam kondisi darurat kekerasan seksual pada anak.

Untuk itu, sudah seharusnya kasus ini menjadi perhatian pelbagai pihak, termasuk pemerintah.

"Aisyiyah juga sdah lama mengecam kekerasan seksual pada anak. Sudah darurat. Bahkan tidak hanya kekerasan. Kita juga sudah sampaikan ke berbagai pihak," ujar Ketua Aisyiyah, Sitti Nurjannah Djohantini kepada Republika.co.id, Ahad (11/10).

Menurutnya, Aisyiyah sepakat dengan semua pihak yang berusaha mendorong agar adanya pemberatan hukuman bagi pelaku kekerasan seksual pada anak. Sehingga dapat menimbulkan efek jera bagi para pelaku.

Ia berharap penegak hukum dapat menghukum pelaku seberat-beratnya dengan melakukan revisi atas Undang-Undang perlindungan anak nomor 35 tahun 2014.

Adapun untuk hukuman yang tepat bagi pelaku, ia menyerahkan kepada para ahli hukum untuk melakukan kajian akan hal itu. Ahli hukum dapat merumuskan dengan jernih hukuman apa yang tepat bagi pelaku agar dapat menimbulkan efek jera. Apakah hukuman seumur hidup atau jenis hukuman lainnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement