Ahad 25 Oct 2015 06:08 WIB

'Pengelolaan Sumber Daya Hutan tidak Sesuai UUD 1945'

Rep: C93/ Red: Angga Indrawan
Ratusan mahasiswa Universitas Riau berunjuk rasa sebagai bentuk keprihatinan terhadap bencana kabut asap kebakaran lahan dan hutan, di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (23/10).
Foto: Antara/FB Anggoro
Ratusan mahasiswa Universitas Riau berunjuk rasa sebagai bentuk keprihatinan terhadap bencana kabut asap kebakaran lahan dan hutan, di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru besar kebijakan kehutanan dari Institut Pertanian Bogor, Hariadi Kartodihardjo memaparkan, Sejak tahun 1963 pengelolaan sumber daya hutan sesungguhnya tidak sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945. Sumber daya hutan alam yang dikuasai negara itu secara de facto pemanfaatannya diserahkan melalui mekanisme pasar, sehingga bukan hanya tidak menunjukkan pemanfaatan hutan secara adil;

"Tetapi juga menjadi ajang perebutan para ‘pemain’ di lapangan," ujarnya, Sabtu (24/10).

Dalam praktiknya, lanjutnya, pemerintah menunggu calon pemegang izin untuk memilih lokasi yang disediakan dan hanya melakukan verifikasi sangat minimal terhadap hutan yang diminta pemegang izin itu.  Akibatnya, negara bukan hanya kehilangan kekayaan sumber daya alam yang dikuasainya, tetapi juga tidak mampu mengendaikan dampak besar kumulatif sejak waktu lampau, seperti kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini.

Hariadi memaparkan, pada tahun 1994, hutan alam produksi seluas 62,5 juta hektar dikelola oleh 585 perusahaan. Data pada Agustus 2015, usaha itu menjadi 269 perusahaan dengan luas 20,2 juta hektar. 

“Itu berarti selama 20 tahun terakhir terdapat hutan alam yang telah tidak lagi dikelola perusahaan atau sudah dikonversi menjadi usaha hutan tanaman atau untuk tujuan usaha lain seperti kebun dan tambang seluas 42,3 juta hektar ,” kata dia.

Pria yang juga menjabat sebagai peneliti Direktorat Penelitian dan Pengembangan KPK tersebut menjabarkan, dari 269 perusahaan usaha hutan alam yang masih ada, hanya 95 perusahaan (35,5 persen) yang mempunyai sertifikat Pengelolan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dengan kinerja baik. selain itu, 20 perusahaan (7,4 persen) mempunya PHPL kinerja sedang.

“Ada juga yang dibekukan sertifikasinya sebanyak 5 perusahaan (1,9 persen) serta masih dalam proses sertifikasi 2 perusahaan,” tambah Hariadi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement