Ahad 25 Oct 2015 19:50 WIB

Kemenhub Persiapkan Jalur Evakuasi Kabut Asap

Perempuan mengendarai motor melewati kabut asap di Palangkaraya (23/10).
Foto: EPA
Perempuan mengendarai motor melewati kabut asap di Palangkaraya (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan telah memerintahkan seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan untuk menyiapkan fasilitas pelabuhan, sebagai salah satu jalur evakuasi khususnya untuk mobilisasi warga yang terkena dampak kabut asap di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrerian Perhubungan, Barata, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (25/10), mengatakan hal tersebut termuat dalam perintah Dirjen Perhubungan Laut kepada para Kepala UPT di Lingkungan Ditjen Perhubungan laut melalui surat kawat yang dikirimkan pada hari ini.

"Isi perintah dalam surat kawat tersebut yaitu pertama, meminta Para Kepala UPT untuk segera berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk meminta data penumpang dan barang bawaannya yang akan dievakuasi melalui pelabuhan," katanya. Kedua, mengoordinasikan para pemilik kapal untuk dapat membantu evakuasi korban asap.

Ketiga, menyiapkan terminal penumpang, gudang, lapangan penumpang dan kantor pelabuhan untuk dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara sebelum evakuasi. Keempat, menyiapkan fasilitas dermaga untuk dapat disandari kapal yang akan melakukan evakuasi dengan tetap mengacu pada aspek keselamatan dan keamanan kepelabuhanan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement