Selasa 27 Oct 2015 07:13 WIB

Dukung Integrasi ATM, Bank Pemerintah akan Akuisisi Perusahaan Telko

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nidia Zuraya
Bank Mandiri dan BNI, bank pemerintah pemberi layanan terbaik
Foto: Republika
Bank Mandiri dan BNI, bank pemerintah pemberi layanan terbaik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Perhimpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) siap mengakuisisi perusahaan telekomunikasi untuk mendukung rencana integrasi ATM empat bank pelat merah tersebut. Empat bank berpelat merah tersebut yakni, BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN.

Ketua Himbara, Asmawi Syam, menjelaskan, Himbara mempunyai beberapa rencana kerja terkait efisiensi untuk mendukung rencana integrasi ATM Himbara.Salah satunya adalah dengan memiliki service provider sendiri. Saat ini, masing-masing bank tersebut menyewa service provider masing-masing sehingga kurang efisien jika diimplementasikan untuk ATM Himbara.

Pada 21 Oktober 2015, Himbara sepakat melakukan akuisisi perusahaan service provider yang ada. Perusahaan service provider tersebut sudah ditunjuk oleh Himbara, tapi prosesnya belum final.

Perusahaan service provider disyaratkan mempunyai kapasitas bisa menservis empat bank pelat merah tersebut. Sebab, size bank-bank Himbara cukup besar dengan total mesin ATM lebih dari 40 ribu unit. Saat ini masih proses negosiasi terkait persentase saham yang akan diserahkan.