Kamis 29 Oct 2015 17:08 WIB

Mogok Makan Petani Cirebon untuk Protes Pemerintah

Rep: Lilis Handayani/ Red: Nur Aini
Petani di sawah yang alami kekeringan.
Foto: Antara
Petani di sawah yang alami kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki hari kedua, aksi mogok makan yang dilakukan petani di Kabupaten Cirebon masih berlanjut, Kamis (29/10). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes tidak adanya perhatian dari Pemkab Cirebon terhadap penderitaan petani yang gagal panen akibat kekeringan.

Tasripun, petani asal Desa Geyongan, Kecamatan Arjawinangin, Kabupaten Cirebon tampak melakukan aksi mogok makan di tengah areal sawah yang mengering di Desa Junjang, Kecamatan Arjawinangun. Dia merebahkan dirinya di atas kardus bekas, tanpa ada tenda yang menaunginya.

Sementara itu, puluhan petani lain dari sejumlah daerah berdatangan untuk memberikan dukungan pada Tasripun. Mereka juga berjaga-jaga jika sesuatu yang buruk menimpa Tasripun.

''Kami hanya ingin ada perhatian dari Bupati Cirebon terhadap bencana kekeringan yang dialami petani,'' ujar Tasripun.

Salah seorang petani lainnya asal Desa Jagapura, Kecamatan Gegesik,  Kabupaten Cirebon, Uuk Huzaini menambahkan, kekeringan tahun ini sangat parah. Namun, tidak ada perhatian dari Pemkab Cirebon.

Uuk menyatakan, akibat musim kemarau panjang, ribuan hektare tanaman padi di Kabupaten Cirebon mengalami kekeringan. Dampaknya, tanaman padi mengalami gagal tanam, gagal pemeliharaan maupun gagal panen (puso).

Menurut Uuk, kondisi tersebut membuat para petani harus menanggung kerugian yang besar. Hal ini karena, mereka sudah mengeluarkan modal tanam yang besar, terutama yang tanaman padinya sudah berumur tua.

Uuk menyatakan, aksi mogok makan itu akan terus berlangsung sampai Pemkab Cirebon mengucurkan bantuan. 

''Aksi mogok ini akan terus dilakukan sampai mati hingga tuntutan kami dikabulkan, atau minimalnya Bupati Sunjaya (bupati Cirebon) datang,'' ungkap Uuk.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh konfirmasi dari Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan (Distambunnakhut) Kabupaten Cirebon. Para pejabat di dinas tersebut tidak ada di ruang kerjanya saat hendak dikonfirmasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement