Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

SE Ujaran Kebencian, Ini Kata Ustaz Yusuf Mansur

Kamis 05 Nov 2015 10:43 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham

Ustaz Yusuf Mansur

Ustaz Yusuf Mansur

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemimpin Yayasan Daarul Qur'an, Yusuf Mansur menilai Surat Edaran Kapolri mengenai ujaran kebencian (hate speech) diperlukan. Yusuf menilai, perlu ada aturan yang bisa membuat seseorang dapat lebih mengendalikan ucapannya, terutama di ruang publik.

"Menurut saya memang perlu diatur sehingga perlu ada rem. Mudah-mudahan dengan ada rem, sedikit-banyak orang mengontrol ucapannya," ujar Yusuf ketika dihubungi Republika.co.id, Kamis (5/11).

Da'i yang kerap tampil di jagat media sosial ini mengaku kerap merasakan dampak kebebasan berpendapat tanpa kendali. "Di era kebebasan ini orang bebas bahkan sampai menghujat dan mencaci maki. Sering pula menyudutkan," ujarnya.

Meski begitu, Yusuf mengingatkan, aturan ini perlu diterapkan secara tepat. Ia menganalogikan edaran Kapolri tersebut sebagai sebuah rem kendaraan. "Rem ini kan mesti dipakai di waktu yang tepat. Rem melulu tidak jalan-jalan, tapi kalau ngegas terus juga tidak berhenti," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile