Jumat 06 Nov 2015 14:06 WIB

Maduro Janji Cukur Kumis Jika Gagal Sediakan Sejuta Rumah

Red: Ani Nursalikah
Nicolas Maduro
Foto: AP/Fernando Llano
Nicolas Maduro

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Presiden Venezuela Nicolas Maduro berjanji mencukur kumisnya jika pemerintahannya gagal mencapai target menyediakan satu juta rumah baru pada akhir tahun ini.

"Jika pada 31 Desember saya belum menyiapkan satu juta rumah, saya akan mencukur kumis saya sebagai hukuman sehingga semua orang akan tahu saya gagal," kata Maduro, Kamis (5/11).

Dia merujuk pada sebuah proyek pembangunan perumahan yang ambisius yang diluncurkan Hugo Chavez pada 2011 untuk memindahkan ribuan keluarga yang kehilangan rumah mereka akibat banjir dahsyat pada 2010.

Chavez, yang meninggal pada 2013, berjanji membangun tiga juta rumah pada 2019. Pemerintah Maduro mengatakan sejauh ini telah menyerahkan 800 ribu rumah.

Dengan pemilihan umum satu bulan mendatang, Maduro mengatakan penurunan harga minyak tidak akan mempengaruhi program-program bantuan sosial pemerintah. Minyak adalah sumber utama pendapatan Venezuela.

Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia tetapi ekonominya berantakan, dengan naiknya inflasi dan kekurangan meluas kebutuhan dasar seperti kertas toilet.

Jajak pendapat menunjukkan oposisi memimpin 14 sampai 31 poin menjelang pemilu pada 6 Desember untuk memperbaharui 167 kursi Majelis Nasional yang saat ini dikontrol partai pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement