Sabtu 07 Nov 2015 00:15 WIB

George Bush Senior Sebut Dick Cheney Keledai Besi

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
George Bush Senior
Foto: AP
George Bush Senior

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush melancarkan kritik pedas kepada sejumlah tokoh pemerintahan AS.

Dilansir Al Jazeera, Jumat (6/11), di bagian lain buku biografinya yang akan terbit Bush mengkritik mantan Wakil Presiden Dick Cheney dan Donald Rumsfeld yang merupakan dua tokoh kunci di masa kepresidenan anaknya George Walker Bush. Ia menyatakan kedua orang tersebut tak melayani presiden dengan baik.

Ia menyebut Cheney seperti 'keledai besi' yang sibuk membangun 'kerajaannya sendiri'. Cheney juga disebut memiliki pandangan terlalu keras dan kerap meyakinkan anaknya untuk menggunakan kekuatan militer di seluruh dunia.

(Baca juga: George HW Bush Kritik Putranya Lewat Buku Biografi)

Bush mengenal baik Cheney, sebab ia pernah menjadi sekretaris pertahanan di masa pemerintahannya. Bush berspekulasi, Cheney dipengaruhi oleh istrinya yang sangat konservatif, Lynne. Bush bahkan menggambarkan Lynne sebagai orang di belakang layar Chenney.

Hingga saat ini, keluarga Cheney masih belum berkomentar terkait buku Bush dan kritikannya tersebut.

Buku biografi berjudul Destiny and Power: The American Odyssey Of George Herbert Walker Bush rencananya akan diterbitkan pekan depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement