Kamis 19 Nov 2015 06:00 WIB

BNPB: Indonesia Waspada Puting Beliung

Rep: C35/ Red: Ilham
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.
Foto: Istimewa
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, sebagian wilayah Indonesia, seperti di Jawa, Sumatera bagian Selatan, Bali, sebagian Kalimantan dan Sulawesi sedang berada pada musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan. Atas kondisi tersebut, dia menghimbau masyarakat waspada puting beliung.

“Saat pancaroba, puting beliung sering terjadi menjelang hujan turun. Kejadian ini ditandai dengan cuaca yang panas dan dalam waktu tidak lama kemudian berubah menjadi mendung, lalu timbul angin kencang dan hujan deras,” katanya melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu (19/11).

Pada Selasa (17/11), BNPB melaporkan angin puting beliung terjadi di Ngawi, Jawa Timur. Tepatnya berada di Desa Rejomulyo dan Desa Rejuno di Kecamatan Karang Jati, serta di Desa Krompol, Desa Dero, Desa Sumberbening di Kecamatan Beringin.

Kejadian tersebut menewaskan satu orang, yaitu Radinem (65). Di Kecamatan Karang Jati terdapat 14 unit rumah roboh, sedangkan di Kecamatan Beringin terdapat 5 unit rumah rusak berat dan 121 unit rumah mengalami kerusakan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement