×

Jangan Bawa Pulang Ini dari Luar Negeri

Rep: Mutia Ramadhani / Redaktur: Ichsan Emrald Alamsyah

Jumat , 20 Nov 2015, 02:41 WIB
Koin Dolar Koin Dolar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mereka yang berpelesir ke luar negeri hampir tak pernah melupakan oleh-oleh, khususnya suvenir. Sayangnya, Anda harus memilah barang apa saja yang bisa Anda bawa pulang dan yang sebaiknya Anda tinggalkan.

Apa saja itu? Berikut pemaparannya, dilansir dari Independent Traveler, Jumat (20/11).

1. Koin dan mata uang asing

Jika Anda bukan kolektor koin atau mata uang asing, sebaiknya Anda tak membawanya pulang. Anda hampir dipastikan tak akan pernah menggunakannya, bahkan Anda tak tahu kapan akan berjalan-jalan ke negara yang sama lagi.

Anda bisa menghabiskan semua mata uang asing Anda yang tersisa. Anda juga bisa menukarkannya di tempat penukaran mata uang sehingga pulang ke rumah dengan tangan kosong.

2. Barang yang tak lulus uji keamanan

Sejumlah bandara internasional memberlakukan beberapa sensor keamanan khusus untuk barang. Sebagai contoh, hindari membawa bir dalam jumlah lebih dari satu botol per orang dengan takaran tertentu.

Anda dipastikan tidak diperbolehkan membawa banyak dan ini hanya akan membuang uang saja. Jika Anda membawa makanan berkuah, sup misalnya, pastikan menghabiskannya sebelum masuk ke bandara.

3. Pakaian kotor

Anda sebaiknya tidak membawa pakaian kotor sepulang dari luar negeri. Anda tak akan pernah tahu makhluk kasat mata atau kuman seperti apa yang menempel di baju Anda. Jika itu kuman eksotis, berarti Anda telah memindahkannya dari negara yang Anda kunjungi ke tempat Anda berasal. Jangan sampai Anda membawa penyakit.

4. Hewan atau tumbuhan lokal

Jangan membawa makhluk hidup apapun, termasuk hewan, tumbuhan, sayuran, biji-bijian, dan sejenisnya dari negara yang Anda kunjungi kecuali Anda mengantongi izin dari otoritas yang berwenang. Jika membawa tanpa izin, maka Anda akan berurusan dengan hukum yang berlaku.

Jadi, pastikan Anda memeriksa seluruh isi koper Anda untuk memastikan tidak ada materi hidup yang terbawa.

Baca juga:

Ingin Panjang Umur, Cara Minum Kopi Ini Bisa Ditiru

6 Alasan Beckham Jadi Pria Terseksi di Dunia 2015

 
 
Play Podcast X