Senin 07 Dec 2015 18:29 WIB

Pria ini Temukan Kue Pernikahan Berusia 100 Tahun di Garasi

Rep: C01/ Red: Winda Destiana Putri
Kue berusia 100 tahun
Foto: ABCNews
Kue berusia 100 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ronald Warninger tak pernah menyangka ada kue berusia 100 tahun tersimpan rapih di salah satu pojok garasi rumahnya.

Terlebih, kue yang ia temukan ialah kue pernikahan milik kakek dan neneknya, Harvey dan Inez Warninger, yang melangsungkan pernikahan pada 17 Maret 1915 lalu.

Di usianya yang ke-67 tahun, Ronald berencana untuk membersihkan garasi rumahnya dan membuang beberapa barang yang mungkin tidak diperlukan lagi.

Di saat melakukan pembersihan, Ronald tak menyangka ia menemukan satu peninggalan berharga dari kakeknya di rak paling atas garasi rumahnya.

Peninggalan tersbut berupa kue pernikahan berusia 100 tahun yang tersimpan dalam kardus bundar dan ditempatkan di dalam panci besi.

"Saya mengenali kue itu," ungkap Ronald dilansir ABCNews Senin (7/12).

Ronald kemudian kembali ke masa lalu, mengenang saat pertama ia melihat kue pernikahan tersebut. Kue pernikahan berwana putih tersebut sengaja diawetkan sejak pernikahan kakek dan neneknya 100 tahun silam. Karena kakek dan neneknya tidak memiliki alat pendingin yang baik pada masa itu, orang tua Ronald kemudian kembali mengawetkan kue pernikahan tersebut di sebuah alat pendingin yang lebih baik.

Saat melihat orang tuanya sedang mengawetkan kue pernikahan tersebut, Ronald ingat ia diperingatkan orang tuanya untuk tidak menyentuh kue tersebut. Semenjak itu, Ronald mengatakan tidak ada lagi anggota keluarganya yang bercerita mengenai kue pernikahan tersebut sehingga kue pernikahan itu sedikit demi sedikit "terlupakan".

Akan tetapi, tepat di hari ulang tahun pernikahan kakek dan neneknya yang ke-100 atau beberapa saat sebelum Ronald memutuskan untuk membersihkan garasinya, saudara perempuan Ronald sempat bertanya mengenai keberadaan kue pernikahan tersebut pada Ronald. Pasalnya, keluarga besar mereka ingin membuat satu peringatan dengan kue tersebut.

"Kami kemudian mencari kue tersebut pada waktu itu. Kami berpikir kue itu ada di basement, ternyata tidak. Waktu iu saya menyerah untuk mencari," kenang Ronald.

Karena itu, Ronald merasa sangat terkejut ketika pada akhirnya ia dapat menemukan kue yang telah diawetkan tersebut tersimpan rapih di garasi rumahnya. Saat kue pernikahan berusia 100 tahun itu ditemukan, Ronald mengatakan bentuk dari kue tersebut masih sangat baik.

Mengingat kue tersebut sudah berusia sangat tua dan melewati dua masa perang dunia, Ronald meyakini bagian dalam kue pernikahan kakek dan neneknya pasti sudah banyak berlubang. Akan tetapi, karena diawetkan, bagian luar atau icing kue tersebut masih dalam bentuk sempurna dan terasa seperti porselen ketika disentuh.

"Ini bagian paling atas dari kue pernikahan. Ini seperti kapsul waktu. Saya berharap bisa mewariskan ini pada salah satu anak saya dan mungkin mereka akan menjaganya sampai 100 tahun lagi," harap Ronald.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ اِنَّا هُدْنَآ اِلَيْكَۗ قَالَ عَذَابِيْٓ اُصِيْبُ بِهٖ مَنْ اَشَاۤءُۚ وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍۗ فَسَاَكْتُبُهَا لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِاٰيٰتِنَا يُؤْمِنُوْنَۚ
Dan tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sungguh, kami kembali (bertobat) kepada Engkau. (Allah) berfirman, “Siksa-Ku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

(QS. Al-A'raf ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement