Sabtu 26 Dec 2015 20:30 WIB

Arus Balik Diperkirakan Padati Puncak Bogor Besok

Red: Yudha Manggala P Putra
Jalur puncak
Foto: Antara
Jalur puncak

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Arus balik libur panjang Hari Raya Natal di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat, diperkirakan terjadi pada Ahad (27/12).

"Perkiraan kepadatan lalu lintas akan meningkat di hari Minggu, arus balik ke arah Jakarta," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Bramastyo saat dihubungi di Bogor, Sabtu (26/12).

Ia menjelaskan kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Bogor, terjadi sejak Kamis (24/12) ke arah Cianjur dan berangsur berkurang sampai Sabtu. Namun ia menjelaskan peningkatan kepadatan kendaraan akan kembali terjadi pada Ahad (27/12) dengan arah sebaliknya.

Sejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan di Jalan Raya Puncak mulai dari kawasan Restoran Rindu Alam, Masjid At-Ta'awun, Agro Wisata Gunung Mas, Kampung Arab, Taman Safari, Pasar Cisarua, Lembah Nyiur, Taman Wisata Matahari, Mega Mendung, Jalan Pasir Angin, dan Jalan Pasir Muncang.

Bramastyo mengatakan pada Kamis (24/12) kepadatan mulai terjadi sejak pukul 03.00 WIB, pada Jumat (25/12) kepadatan sejak pukul 04.30 WIB, dan pada Sabtu jalur Puncak terpantau padat kedua arah sejak pukul 06.00 WIB.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan, kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan aturan buka tutup jalur.

Jadwal tersebut dimulai sejak pagi pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB ke arah Puncak, dan sore hari pukul 15.00 hingga pukul 19.00 WIB dari arah Puncak turun ke arah Jakarta.

Lalu lintas didominasi oleh kendaraan keluarga dengan plat B. Selain itu, tempat-tempat wisata di daerah Puncak seperti Masjid At-Ta'awun, Taman Wisata Matahari, Taman Safari, dan penyewaan villa meningkat oleh jumlah pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement