Sabtu 02 Jan 2016 01:54 WIB

Lengkungan Palmyra Tiga Dimensi akan Dipamerkan di London

Rep: c35/ Red: Ani Nursalikah
Kota kuno Palmyra
Foto: Reuters/Khaled al-Hariri
Kota kuno Palmyra

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lengkungan Palmyra berukuran seperti aslinya akan segera diletakkan di Trafalgar Square, London, Inggris sebagai simbol perlawanan terhadap terorisme. Palmyra merupakan sebuah kota kuno di Suriah yang sebagian besar peninggalannya dihancurkan ISIS.

Hanya tersisa bagian pintu masuk dari kuil yang berusia 2.000 tahun yang telah dihancurkan oleh kelompok militan ISIS pada Agustus lalu menyusul perebutan kota kuno Palmyra.  Foto yang diambil dari satelit menunjukkan lengkungan mengalami kerusakan yang signifikan, namun tetap tegak berdiri.

Para ahli arkeologi dari Institute of Digital Archaeology (IDA) sedang menyiapkan model 3D dari pintu masuk lengkungan yang terdiri dari puluhan gambar dua dimensi. Replika tersebut tidak tepat mirip dengan aslinya, pintu masuk baru akan dibuat dengan menggunakan bahan bubuk batu dan komposit ringan.

“Ini merupakan pernyataan politik untuk menarik perhatian publik atas kekejaman yang sedang berlangsung yang dilakukan ekstremis agama di Irak dan Suriah,” kata Roger Michel, Direktur Eksekutif IDA, menurut Sputnik News, Selasa (29/12).