Senin 04 Jan 2016 15:35 WIB

Setelah Patung Soedirman Roboh, Pemkab Purbalingga Periksa Tiga Patung Lain

Rep: Eko Widiyatno / Red: Andi Nur Aminah
Patung Jenderal Besar Soedirman.
Foto: Antara
Patung Jenderal Besar Soedirman.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Robohnya Patung Jenderal Soedirman membuat Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengecek kondisi tiga patung lain yang ada kota itu. Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga, Rusmo Purnomo mengatakan dengan pengalaman robohnya patung Jenderal Soedirman, pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap keberadaan tiga patung lain yang ada di beberapa sudut kota Purbalingga. 

(Baca Juga: Patung Soedirman Baru akan Dibangun Ulang 2017).

Antara lain patung perajin knalpot di pertigaan jalan AW Soemarmo, Patung dr Goeteng Tarunadibrata di Kompleks RSUD, serta patung atlet lempar peluru di kompeks Stadion Guntur Daryono.

Pengecekan ketiha patung tersebut karena sama-sama menggunakan bahan fiber, seperti bahan yang dipakai membuat patung Jenderal Soedirman. ''Ketiga patung tersebut juga menggunakan bahan fiber. Karena itu, akan melakukan pemeriksaan lebih detail agar patung-patung tersebut tidak sampai tumbang dan membahayakan warga yang kebetulan berada di bawahnya,'' jelasnya, Senin (4/1).

Seperti diketahui, patung Jenderal Sudirman yang berada di perempatan jalan utama Kota Purbalingga depan Mapolres, tiba-tiba tumbang pada Ahad (3/1). Padahal, saat itu tidak ada hujan, angin atau gempa. Untungnya, pada saat itu tidak ada kendaraan yang kebetulan sedang melintas di bawah patung. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement