Selasa 05 Jan 2016 09:27 WIB

Florentino Perez, Presiden Madrid yang Hobi Pecat Pelatih

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Florentino Perez
Foto: EPA
Florentino Perez

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID --  Hadirnya Florentino Perez sebagai orang nomor satu di Real Madrid sejak 2000 silam memberikan dampak kepada klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu. Perez mengubah Madrid menjadi klub yang tak cakap mengelola keuangannya menjadi klub dengan nilai termahal saat ini versi majalah Forbes.

Tak heran Perez terus bertahan hingga sekarang. Sudah empat periode ia terus memimpin Madrid karena dianggap sosok yang paling pantas.

Tapi di bawah kendali pria 68 tahun itu, Madrid jadi klub yang tak bersahabat dengan pelatih. Standar tinggi ditetapkan kepada orang-orang yang ditunjuk menjabat sebagai arsitek tim.

Kemenangan dan trofi wajib hukumnya. Carlo Ancelotti menjadi bukti kesuksesan di masa lalu tak menjamin apapun. Pelatih yang sukses mempersembahkan gelar Liga Champions dua tahun lalu terdepak lantaran gagal meraih gelar pada musim 2014/2015.

Ini masih ditambah syarat harus bermain elok. Jika membuat tim bermain pragmatis dan hanya membidik hasil akhir, siap-siap saja dipecat.

Andai semua sudah dipenuhi, nasib pelatih belum tentu aman. Mereka harus bisa menjaga kenyamanan ruang ganti. Jika ada pemain bintang yang 'sakit hati', siap-siap angkat kaki.

Vicente del Bosque menjadi contoh pelatih yang dipecat hanya karena berselisih dengan salah satu pemain. Padahal di tangan pria yang sekarang menjadi pelatih timnas Spanyol ini, Madrid tampil menghibur dan terus menggondol trofi.

Malang bagi Benitez, ia gagal memenuhi banyak kriteria ini. Madrid dikeluhkan sebagian besar fan bermain membosankan dan tak meyakinkan sehingga kalah 0-4 dari Barcelona dan berada di posisi ketiga klasemen. 'Dosa' Benitez makin berat karena dia dikabarkan berselisih dengan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

(Baca: 5 Dosa Benitez di Real Madrid)

Tak heran dalam masa kepemimpinan Perez, sudah 13 orang tercatat menjadi pelatih Los Merengues. Sebanyak tiga pelatih dipecat di paruh musim, yaitu Mariano Garcia Remon, Vanderlei Luxemburgo dan Rafael Benitez. Jose Antonio Camacho memilih mengundurkan diri sebelum dipecat.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement