Selasa 05 Jan 2016 13:20 WIB
Suksesi Kraton Pakualaman

Kursi 'Jumenengan' PA X dibuat Sejak Paku Alam VII

Rep: Yulianingsih/ Red: Muhammad Subarkah
Seorang pria memperhatikan kereta yang akan digunakan untuk prosesi kirab ageng jumeneng dalem Paku Alam X di Komplek Kadipaten Pakualaman Ngayogyakarta, DI Yogyakarta, Ahad (3/1).
Seorang pria memperhatikan kereta yang akan digunakan untuk prosesi kirab ageng jumeneng dalem Paku Alam X di Komplek Kadipaten Pakualaman Ngayogyakarta, DI Yogyakarta, Ahad (3/1).

YOGYAKARTA -- Kursi keprabon yang akan diduduki Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X saat prosesi jumenengan, Kamis (7/1) mendatang, sudah dibuat sejak masa Paku Alam VII. Kursi ini memang kursi khusus untuk para adipati yang bertakhta di Keraton Pakualaman.

Ketua Panitia I Jumenengan KGPA Paku Alam X, KPH Indrokusumo, mengatakan, kursi keprabon yang akan diduduki KGPAA Paku Alam X pertama kali digunakan saat jumenengan KGPAA Paku Alam VII.

"Saat ini belum dikeluarkan, untuk geladi bersih masih menggunakan kursi biasa. Kursi keprabon baru dikeluarkan menjelang prosesi jumenengan," katanya kepada Republika.co.id, Selasa (5/1).

Prosesi jumenengan akan dilakukan di Bangsal Sewotomo, Keraton Pakualaman. Prosesi penobatan sebagai penguasa Keraton Pakualaman ini akan dilakukan tepat pukul 08.00 WIB dan berlangsung selama dua jam lebih. Seusai prosesi jumenengan, akan ada kirab agung mengelilingi Keraton Pakualaman.n

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement