REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempercepat penyelesaian proyek KRL stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Batu Ceper hingga bandara Soekarno-Hatta. Nantinya jalur khusus KRL bandara akan ditempatkan di jalur sembilan pada stasiun Manggarai.
Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin mengatakan, hingga kini pihaknya terus mengerjakan proyek yang ditargetkan dapat digunakan pada awal 2017 itu. Sehingga demi menunjang pelayanan penumpang yang akan menaiki KRL bandara, ia menyiapkan satu jalur khusus di stasiun Manggarai. Nantinya jalur khusus ini hanya bisa dilewati oleh KRL bandara
"Nanti jalur sembilan yang khusus buat KRL bandara. Kereta lain tidak boleh masuk ke jalur ini," kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (5/1).
Selain pembangunan jalur sembilan, Agus menjelaskan stasiun Manggarai juga sedang berbenah diri supaya bisa melayani penumpang lebih baik. Salah satunya dengan membangun underpass supaya penumpang kereta di Manggarai bisa lebih cepat dan mudah menaiki kereta yang mereka inginkan.
Sebab, sebelum adanya underpass, penumpang kereta harus menunggu ketika ingin menyeberang antarperon jika ada kereta yang lewat. Pembuatan underpass juga untuk meningkatkan keamanan penumpang yang menggunakan jasa kereta.
"Sekarang kita lagi bikin underpass sebagai crossing passanger yang ada di bawah jalur satu sampai sembilan," ujarnya.
Ketika disinggung mengenai fasiltas pendukung lain bagi penumpang KRL bandara, ia mengaku akan menyiapkan ruang transit. Namun belum ada detail lebih jauh mengenai bagaimana isi dari ruang transit khusus itu.
"Ada fasilitas eskalator untuk peron KRL bandara dan ada gate khusus juga," jelasnya.