Rabu 06 Jan 2016 12:50 WIB
Suksesi Kraton Pakualaman

Penolakan Jumenengan Paku Alam X Mengemuka

Rep: Yulianingsih/ Red: Muhammad Subarkah
KPH WIROYUDHO didampingi kuasa hukumnya menolak jumenengan PA X.
Foto: Republika/Yulia Ningsih
KPH WIROYUDHO didampingi kuasa hukumnya menolak jumenengan PA X.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jumenengan KBPH Prabu Suryodilogo menjadi KGPAA Paku Alam X ternyata mendapat penolakan keras dari keluarga sendiri. Semua keturunan Paku Alam VIII dari istri kedua KRAyA Retnoningrum menolak keras dinobatkannya KBPH Suryodilogo tersebut sebagai KGPAA Paku Alam X.

Pihak keluarga dari Himpunan Kerabat dan Kawulo Pakualaman Notokusumo (HKPA Notokusumu)  yang merupakan  keluarga KGPAA Paku Alam IX Al Haj Anglingkusumo menyatakan menolak keras jumenengan tersebut. Pernyataan penolakan dinyatakan sehari sebelum upacara jumenengan penobatan digelar, yakni esok hari, pukul 08.00, Kamis (7/01).

Anglingkusumo merupakan adik KGPAA Paku Alam IX (Ambarkusumo), tapi beda ibu. Anglingkusumo merupakan putra KGPAA Paku Alam VIII dengan KRAyA Retnoningrum, sementara Ambarkusumo atau almarhum KGPAA Paku Alam IX (ayahanda Suryodilogo) merupakan putra KGPAA Paku Alam VIII dengan KRAyA Purnamaningrum.

"Kami mewakli KGPAA Paku Alam IX Al Haj -Anglingkusumo menolak jumenengan tersebut. Kami tidak mengakui Bimo (Suryodilogo) sebagai Paku Alam," ujar KPH Wiroyudho, menantu Anglingkusumo, kepada wartawan, Rabu (6/1).

KPH Wiroyudho didampingi kuasa hukumnya, Wilman Sirotus. Penolakan tersebut dilakukan karena pihaknya menilai KBPH Suryodilogo tidak berhak dan tidak memenuhi syarat sebagai KGPAA Paku Alam X.

"KGPAA Paku Alam IX Al Haj masih ada, kita tidak mengakui ada Paku Alam X," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement