Rabu 06 Jan 2016 14:40 WIB
Suksesi Kraton Pakualaman

Presiden Hadiri Jumenengan Paku Alam X, 2.250 Personel Keamanan Disiagakan

Rep: neni ridarineni/ Red: Muhammad Subarkah
Seorang pria memperhatikan kereta yang akan digunakan untuk prosesi kirab ageng jumeneng dalem Paku Alam X di Komplek Kadipaten Pakualaman Ngayogyakarta, DI Yogyakarta, Ahad (3/1).
Seorang pria memperhatikan kereta yang akan digunakan untuk prosesi kirab ageng jumeneng dalem Paku Alam X di Komplek Kadipaten Pakualaman Ngayogyakarta, DI Yogyakarta, Ahad (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo berencana akan menghadiri Jumeneng Dalem (penobatan) KBPH (Kanjeng Bendoro Pangeran Haryo) Prabu Suryodilogo menjadi  GPAA Paku Alam X, Kamis (7/1). Kemungkinan Presiden Jokowi akan didampingi oleh ibu negara Iriana Joko Widodo.

Hal itu dikemukakan Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono di sela-sela Rakor Pengamanan Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Yogyakarta, Rabu (6/1). Untuk personel yang disiapkan total merupakan gabungan dari TNI dan Polri sekitar 2.250 orang.

‘’Kalau ada pertimbangan yang lain, personel akan kami tambah,’’ kata Tri yang dalam hal ini selaku Dansatgaspanwil (Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah). Lokasi akan disterilkan sekitar enam jam sebelum kedatangan Presiden Jokowi, kemudian dua jam sebelumnya, satu jam sebelumnya, dan seterusnya.

Menurut dia, agenda Jokowi ke Yogyakarta untuk sementara hanya untuk menghadiri penobatan KBPH Prabu Suryodilogo menjadi KGPAA Paku Alam X.

‘’Beliau hanya ada rencana untuk hadir di acara jumenengan dan langsung kembali ke Jakarta. Saya berharap masyarakat Yogyakarta bisa menyambut Presiden Jokowi. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri beliau hadir dalam acara jumenengan ini,’’ tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement