Jumat 08 Jan 2016 19:31 WIB

LKC Dompet Dhuafa Inisiasi Program RDK

Program Respons Darurat Kesehatan LKC Dompet Dhuafa.
Foto: LKC Dompet Dhuafa
Program Respons Darurat Kesehatan LKC Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT -- Tak sedikit masyarakat dhuafa yang membutuhkan layanan kesehatan yang cepat. Utamanya, pada pasien dhuafa dengan kasus kesehatan tertentu.

Persoalan ini ditangkap LKC Dompet Dhuafa kemudian direspons melalui Program Respon Darurat Kesehatan (RDK). Layanan RDK ini berupa antar jemput pasien dengan Ambulance, perawatan pasien dirumah serta diagnosa sementara pasien hingga rujukan ke rumah sakit.  

Kepala Bagian Respon dan Pemberdayaan Masyarakat LKC Dompet Dhuafa, Slamet Djuniantoro menjelaskan, dalam kegiatannya RDK merupakan respon yang diberikan kepada masyarakat atas informasi yang kita terima terhadap warga yang membutuhkan layanan kesehatan secara cepat.

"Dalam hal ini kita terlebih dahulu berupaya mengidentifikasi kebutuhan pasien melalui informasi yang kita tangkap dari laporan masyarakat tadi” terangnya.

Sebagai pionir, LKC Dompet Dhuafa berupaya mendekatkan diri secara aktif antara warga masyarakat yang membutuhkan dengan institusi kesehatan.

Saat ini,  LKC Dompet Dhuafa yang telah memiliki rumah sakit rujukan dapat mengatasi permasalahan yang kadang timbul dimasyarakat akibat warga yang tidak beridentitas

“Asalkan warga tersebut telah kita yakini melalui survey bahwa ia warga yang perlu kita bantu, maka jika ia tidak memiliki identitaspun tidak lantas menghalanginya mendapatkan pelayanan kesehatan” tandasnya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement