Jumat 15 Jan 2016 07:37 WIB

Dua Analisa Mengapa tak Ada Peringatan Dini Ledakan Jakarta

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indira Rezkisari
Kembali Bersiaga. Satuan kepolisian kembali menyisir lokasi Gedung Jaya yang berada dekat lokasi ledakan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Kembali Bersiaga. Satuan kepolisian kembali menyisir lokasi Gedung Jaya yang berada dekat lokasi ledakan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Insiden bom dan korban yang berjatuhan di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1) siang membuat banyak pihak mempertanyakan kinerja intelejen dan kepolisian, baik sebelum dan saat terjadinya serangan. Menurut pengamat intelijen, Soeripto setidaknya ada dua analisa mengapa tidak ada peringatan dini dan banyaknya jatuh korban saat serangan bom itu.

"Pertama pemetaan yang tidak teliti dari intelijen, kedua pihak yang eksekusi aparat keamanan dan pemerintah yang hirau atau menyepelekan masukan dari intelijen," katanya kepada Republika.co.id, Kamis (14/1).

Ia menjelaskan pemetaan oleh pihak intelijen itu penting untuk diperbarui, bagaimana pola perkembangan setelah bom bali hingga sekarang. Dan mantan Staf Kepala BAKIN era 1967 atau Badan Intelejen Negara saat ini menilai tidak mungkin intlijen kebobolan.

Ia tegaskan analisa dan warning intelegence seharusnya sudah dilakukan dengan teliti dan tekun serta sistem juga sudah berjalan dengan baik. "Jadi mappingnya bagaimana, apakah hanya sembarangan, tapi saya yakin tidak," katanya. Sedangkan jatuhnya korban sipil saat insiden ia mempertanyakan pengamanan aparat kepolisian saat itu yang seharusnya sudah langsung steril.