Ahad 17 Jan 2016 07:44 WIB

Pembiayaan APBN Pacu Percepatan Proyek Bandara Internasional Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Lanskap maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kab.Majalengka, Jawa Barat, Kamis (14/1).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Lanskap maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kab.Majalengka, Jawa Barat, Kamis (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Pemerintah pusat memutuskan, mengambil alih biaya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, menyambut keputusan ini. Pemprov Jabar akan fokus pada BUMD Pemprov Jabar yakni PT BIJB yang akan membangun kawasan Aeropolis.

Menurut Heryawan yang akrab disapa Aher, pihaknya pun sangat mengapresiasi sikap Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke lokasi BIJB di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis lalu (14/1). Dalam kesempatan itu, pemerintah pusat menyatakan mengambil alih pekerjaan sisi udara (runway) yang tinggal 20 persen dengan total kebutuhan Rp 1 triliun. Sementara sisi darat, saat ini baru mulai dikerjakan. Biaya yang dibutuhkan, mencapai Rp 2,1 triliun yang seluruhnya bersumber dari APBN.  

"Ini membuat proses keseluruhan pembangunan ke depan fokus dan simultan," ujar Aher kepada wartawan akhir pekan lalu.

Menurut Aher, pekerjaan besar sisi udara dan darat ditangani pemerintah pusat dalam hal ini, Kementerian Perhubungan. Sedangkan PT BIJB dengan kapasitasnya akan membangun area bisnis Aeropolis.

 

Aher mengatakan, sejak dirintis pertama kali pada 2003 dana APBD Pemprov Jabar untuk BIJB yang sudah dikucurkan mencapai Rp 1,3 triliun. Dari angka itu, Rp 800 miliar untuk pembebasan lahan yang kini sudah mencapai 1.000 hektare dari kebutuhan 1.800 hektare. Sisanya, untuk penyertaan modal PT BIJB.

Pemprov Jabar pun, kata dia, siap mengganggarkan Rp 800 miliar dalam pembebasan sisa lahan pada tahun-tahun ke depan. Aher meminta, pemerintah pusat tetap menggunakan desain yang sudah dibuat yang memadukan teknologi tinggi dan budaya Jawa Barat.

Aher juga meminta, pusat selalu memprioritaskan Majalengka dan Jawa Barat agar tetap yang pertama menikmati dampak positif ekonomi bandara. Sekaligus, meminta PT BIJB tetap dilibatkan dalam operasional bandara saat pembangunan sudah selesai.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement