Rabu 20 Jan 2016 15:28 WIB

Ini Dia 'Iron Man' Asal Karangasem Bali

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Ketenaran manusia berlengan robot I Wayan Sumardana membuatnya meraih popularitas dari media dalam dan luar negeri.
Foto: Youtube
Ketenaran manusia berlengan robot I Wayan Sumardana membuatnya meraih popularitas dari media dalam dan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, Di media sosial beberapa hari terakhir ini muncul foto manusia robot. Tak ubahnya Iron Man, pria ini memiliki lengan kiri dari berbagai benda besi yang ditempelkan dan bergerak secara elektronik.

Pria tersebut bernama I Wayan Sumardana, asal Jalan I GUsti Ngurah Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Sehari-hari Wayan bekerja sebagai tukang las.

Tapi ia berbeda dengan tukang las lainnya. Di tubuh kurusnya menempel menggunakan tangan robotik beraliran listrik hingga 500 volt. Punggungnya memikul satu unit CPU komputer sederhana penggerak sensor yang diterima dari otak. Kepalanya dibingkai oleh lingkaran besi yang tak lain adalah alat sensor pikiran yang mengarahkan gerakan.

Alat sensor di kepalanya mencakup unsur penangkap sinyal, dron, elektroda, juga power supply. Tangan robotik yang digunakannya saat ini berjenis elektroensefalografi (EEG) yang dapat merekam aktivitas listrik setelah informasi sampai di korteks.

Wayan mengaku dia sudah lebih dari empat kali merangkai alat serupa, namun gagal. Ia baru berhasil kelima kalinya dan baru mengenakan tangan robotik itu selama enam bulan terakhir. Belajar menggunakannya tak mudah sebab butuh konsentrasi penuh agar alat beroperasi normal.

Enam bulan lalu tangan kiri Wayan tiba-tiba tak bisa digerakkan dan lumpuh total. Dokter yang memeriksanya sempat heran karena penyebab lumpuh tangannya sulit terdeteksi mengingat kadar kolesterol, berat badan, dan tekanan darahnya normal. Usia Sumardana juga masih tergolong muda, 31 tahun.

"Dokter cuma bilang saya terkena stroke ringan. Saya akhirnya berusaha untuk tetap bisa bekerja seperti biasa sampai menemukan tangan buatan ini," ujarnya, Rabu (20/1).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement