Rabu 20 Jan 2016 15:41 WIB

Revisi Daftar Negatif Investasi Dinilai Tetap Lindungi UMKM

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Nur Aini
Menko Perekonomian Darmin Nasution.
Foto: Antara
Menko Perekonomian Darmin Nasution.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, revisi daftar negatif investasi (DIN) tetap akan memberikan proteksi terhadap bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pemerintah tidak akan mengganggu gugat apabila ada ketentuan yang mengatur mengenai UMKM.

Saat ini, pemerintah sedang menyusun revisi atas Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Daftar Bidang Usaha Tertutup dan Daftar Bidang Usaha Terbuka dengan Persyaratan. Revisi hanya akan dilakukan untuk bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan.

Darmin belum bisa menjelaskan secara rinci bidang usaha di sektor apa saja yang akan direvisi. "Tapi, kalau yang terbuka ada syarat perlindungan terhadap UMKM, syarat itu tetap akan kami pertahankan," kata Darmin di Jakarta, Rabu (20/1).

Dalam lampiran Perpres Nomor 39 Tahun 2014, ada banyak bidang usaha yang harus memberikan perlindungan terhadap UMKM. Di sektor kelautan dan perikanan misalnya, bidang usaha perikanan tangkap dengan menggunakan kapal penangkap ikan berukuran sampai dengan 30 GT disebutkan harus dicadangkan untuk UMKM dan koperasi.

Bentuk perlindungan lainnya, kata Darmin, bidang usaha yang terbuka dengan syarat bisa berupa kemitraan dengan UMKM.

Darmin menambahkan, pemerintah juga tidak akan mengubah DNI pada bidang usaha tertutup. Sehingga, investasi pada beberapa sektor usaha seperti minuman beralkohol, perjudian, hingga industri bahan kimia yang dapat merusak lingkungan tetap ditutup.

"Yang tertutup tetap akan tertutup. Begitu juga yang terbuka sepenuhnya tidak akan tertutup atau terbuka dengan syarat," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement