Kamis 21 Jan 2016 18:11 WIB

Final Piala Jenderal Sudirman Bakal Dipimpin Wasit Terbaik

Rep: Ali Mansur/ Red: M Akbar
Piala Jenderal Sudirman
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Piala Jenderal Sudirman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain penghargaan pemain terbaik dan suporter terbaik, dalam turnamen Piala Jenderal Sudirman juga menganugerahi wasit terbaik. Sebagai penghormatan kepada wasit terbaik, panitia penyelenggara akan memberikan kesempatan kepada wasit terbaik itu untuk memimpin laga final Piala Jenderal Sudirman.

Laga final sendiri mempertemukan Semen Padang melawan Mitra Kukar yang bakal dihelat di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK) pada Ahad (24/1) malam WIB. Kepastian ini disampaikan langsung oleh CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani.

Hingga saat ini, operator turnamen belum bisa mengumumkan nominasi wasit terbaik Piala Jenderal Sudirman. Sebab penilain wasit terbaik harus dilakukan dengan cermat.

''tidak menutup kemungkinan jika salah satu wasit masuk dalam nominasi wasit terbaik, tapi jelang pertandingan wasit terbaik terbukti berbuat salah. Maka dari itu, kami akan mengumumkan nominasi wasit terbaik tersebut beberapa jam sebelum pertandingan final,'' kata Hasani.

Selain itu, tidak diumumkannya nominasi terbaik wasit terbaik juga untuk menjaga independensi para wasit. Meski demikian Hasani memastikan pihaknya tidak akan sembarangan memilih wasit karena partai final tensinya amat tinggi.

Tidak hanya itu, Hasani juga, menjamin wasit yang bakal memimpin laga pamungkas antara Semen Padang kontra Mitra Kukar merupakan wasit terbaik dan memiliki krediblitas tinggi.  "Yang memimpin partai final, itulah yang menjadi wasit terbaik," kata Hasani saat dihubungi melalui seluler, Kamis (21/1).

Namun, Hasani memberitahukan sedikit bocoran terkait wasit terbaik tersebut. Menurutnya, wasit final berasal dari delapan wasit yang bertugas di semifinal. Kinerja mereka dinilai memuaskan oleh tim-tim peserta dan juga panpel.

Empat wasit utama yang bertugas di semifinal di antaranya adalah Dodi Setiawan Purnama, Thoriq Alkatiri, Iwan Sukoco, dan A.R. Salaasa. Dodi merupakan pengadil lapangan saat Arema Cronus bertanding dengan Mitra Kukar di putaran kedua semifinal.

Kemudian Thoriq Alkatiri adalah wasit yang bertugas di laga Pusamania Borneo FC melawan Semen Padang di putaran pertama. Selanjutnya, Iwan Sukoco ialah wasit yang ditugaskan saat Semen Padang mengalahkan Borneo FC di leg kedua. Terakhir, A.R. Salassa merupakan pengadil lapangan saat Mitra Kukar  mengalahkan Arema di laga perdana.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement