Kamis 04 Feb 2016 11:23 WIB

Generasi Muda Golkar: Panitia Munas Bersifat Kolektif Kolegial

Andi Sinulingga
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Andi Sinulingga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus muda Golkar Andi Sinulingga mengatakan pembentukan panitia Musyawarah Nasional Partai Golkar harus dilakukan secara kolektif kolegial dengan mengakomodasi seluruh saran pengurus hasil Munas Riau.

"DPP itu dalam AD/ART bersifat kolektif kolegial. Maka panitia munas harus diputuskan di dalam rapat pleno," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/2).

Andi menegaskan tidak ada aturan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Golkar yang menyebutkan seorang ketua umum memiliki hak khusus dalam hal apapun termasuk terkait pembentukan panitia Munas.

"Kisruh Golkar selama ini terjadi karena mekanisme pengambilan keputusan partai tidak digunakan dengan baik. Tidak ada dalam AD/ART yang namanya ketua umum punya hak khusus dalam bentuk apapun," jelasnya.

Bagi Andi, pembentukan struktur kepanitiaan Munas Golkar yang paling adil bagi kedua kubu adalah dengan mengembalikannya kepada pengurus hasil Munas Riau dan diputuskan melalui rapat pleno bersama-sama.

"Itu yang paling fair," ucapnya.

Munas Partai Golkar akan dihelat tahun ini. Kedua kubu yang berselisih sudah menyetujui Munas diselenggarakan kepengurusan DPP Golkar hasil Munas Riau dengan Ketua Umum Aburizal Bakrie, Sekjen Idrus Marham dan Wakil Ketua Umum Agung Laksono.

Seiring dengan hal itu, kubu Aburizal Bakrie dikabarkan telah membahas kepanitiaan munas dalam kunjungannya ke Australia pekan lalu.

Panitia munas yang dihasilkan dalam pembicaraan di Negeri Kanguru itu antara lain Theo L Sambuaga sebagai Ketua Penyelenggara, Nurdin Halid selaku Ketua Steering Committee, dan Yorrys Raweyai sebagai Ketua Organizing Committee.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement