Senin 29 Feb 2016 23:35 WIB

Dalami Kasus Pelindo II, Penyidik KPK akan ke Cina

Red: Ilham
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- KPK kembali akan mengirimkan penyidik ke Cina untuk mendalami perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Quay Container Crane (QCC) tahun 2010 di PT Pelindo II.

"Untuk menetapkan orang menjadi tersangka, harus 'firm' dulu, yang sekarang baru ke tersangka lain. Masih ada pengumpulan bukti-bukti yang lain. Penyidik juga berangkat ke Cina dulu," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK Jakarta, Senin (29/2).

Seperti diketahui, penyidik KPK sebelumnya juga sudah datang ke perusahaan HDHM (PT Wuxi Hua Dong Heavy Machinery. Co.Ltd.) asal Cina sebagai penyedia QCC.

"Sekarang penyidik berangkat lagi (ke Cina), jadi ini masih panjang. BPKP harus ada dulu, unsur kerugian negara terpenuhi; memperkaya diri sendiri atau orang lain dan meski ada kerugian negara belum tentu tindak pidana korupsi," kata Basaria.

Dalam perkara ini, KPK menjadikan RJ Lino tersangka. RJ Lino diduga melakukan perbuatan menyalahgunakan hukum dan kewenangan sehingga dapat merugikan keuangan dan perekonomian negara dan memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi. RJ Lino terancam pidana penjara seumur hidup atau maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

KPK meduga RJ Lino memerintahkan pengadaan 3 "quay container crane" (QCC) dengan menunjuk langsung perusahaan HDHM dari Cina sebagai penyedia barang. Pengadaan 3 unit QCC tersebut tidak disesuaikan dengan persiapan infrastruktur yang memadai (pembangunan powerhouse), sehingga menimbulkan in-efisiensi.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَشِحَّةً عَلَيْكُمْ ۖ فَاِذَا جَاۤءَ الْخَوْفُ رَاَيْتَهُمْ يَنْظُرُوْنَ اِلَيْكَ تَدُوْرُ اَعْيُنُهُمْ كَالَّذِيْ يُغْشٰى عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِۚ فَاِذَا ذَهَبَ الْخَوْفُ سَلَقُوْكُمْ بِاَلْسِنَةٍ حِدَادٍ اَشِحَّةً عَلَى الْخَيْرِۗ اُولٰۤىِٕكَ لَمْ يُؤْمِنُوْا فَاَحْبَطَ اللّٰهُ اَعْمَالَهُمْۗ وَكَانَ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرًا
mereka kikir terhadapmu. Apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati, dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka kikir untuk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapus amalnya. Dan yang demikian itu mudah bagi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement