Rabu 02 Mar 2016 15:34 WIB

Usamah bin Ladin Minta AS Perangi Perubahan Iklim

Rep: Reuters/ Red: Teguh Firmansyah
Usamah bin Ladin
Foto: CBSNews.com
Usamah bin Ladin

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Usamah bin Ladin menyeru warga Amerika membantu Presiden Barack Obama untuk memerangi kekacauan karena perubahan iklim. Ini terungkap dalam surat-surat Osama yang dikumpulkan saat penyergapannya di Pakistan 2 Mei 2011 lalu.

Surat-surat ini telah didokumentasikan, diterjemahkan dan kini dirilis ke publik oleh pemerintah AS pada Selasa (1/3). Surat ini jadi bukti terbaru bahwa Usamah mengkhawatirkan isu lingkungan.

Menurut pejabat intelijen AS, surat yang tidak bertanggal namun ditandatangani oleh Usamah ini kemungkinan ditulis tidak lama setelah Obama memulai kepemimpinannya pada 2009. "Ini merujuk pada isu perubahan iklim dan seruan pada penduduk AS," katanya.

Perhatian Osama pada perubahan iklim juga muncul sebagai tema dalam dokumen pertama yang dideklarasikan pada Mei 2015. Juga dalam rekaman suara yang dirilis via jaringan Aljazirah pada Januari tahun 2010.

Di surat terpisah, Osama mendesak bantuan untuk meluncurkan sebuah kampanye media dalam perayaan 11 September ke-10 tahun. Termasuk menyeru pemotongan emisi gas rumah kaca. Menurutnya, dunia lebih baik memerangi perubahan iklim daripada perang melawan Islam.

Baca juga,  PM Pakistan Dituding Terima Uang dari Usamah bin Ladin.

 

 

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement