Kamis 03 Mar 2016 21:02 WIB

Dekopin Berencana Bangun Bisnis Koperasi Modern

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid saat memberi sambutan di pembukaan Munas Dekopin 2014
Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid saat memberi sambutan di pembukaan Munas Dekopin 2014

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengatakan, pembangunan koperasi saat ini membutuhkan perubahan. Dunia dan tantangan ekonomi telah mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Era perdagangan bebas terus akan berkembang, dinamika bisnis akan lebih dinamis, teknologi IT telah merasuk dalam dunia bisnis, dan semua itu mempengaruhi percepatan dinamika bisbis baik di dalam maupun diluar negeri. “Untuk itu koperasi harus melakukan perubahan paradikma bisnisnya sesuai dengan perubahan yang terjadi. Tanpa melakukan perubahan dalam pengelolaan bisnis koperasi akan semakin tertinggal jauh di banding pelaku usaha lainnya,” ujar Nurdin, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dalam sambutan rapat kerja nasional (Rakernas) tahun 2016 berdasarkan rilis yang diterima Republika, Kamis (3/3).

Melihat tantangan ke depan yang semakin komplek di bidang ekonomi dan kemajuan teknologi, kata Nurdin, maka mengharuskan koperasi melakukan perubahan. Perubahan dimaksud untuk memperkuat organisasi dan usaha koperasi agar mampu menangkap setiap peluang usaha yang dibutuhkan anggota.

Pandangan Dekopin menghadapi perubahan, kata dia, maka perubahan sebagai keniscayaan yang harus dilakukan di koperasi. Hanya dengan melakukan perubahan pengelolaan koperasi akan menjamin terwujudkan koperasi sebagai pilar negara.