Jumat 04 Mar 2016 16:30 WIB

Penanganan Gulungan Kabel Misterius, Ini Komentar Ahok

Petugas mengoperasikan alat berat guna merapikan tumpukan sampah kulit kabel listrik di tempat penampungan gudang kendaraan berat Sudin Tata Air Jakarta Pusat, Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (3/3).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Petugas mengoperasikan alat berat guna merapikan tumpukan sampah kulit kabel listrik di tempat penampungan gudang kendaraan berat Sudin Tata Air Jakarta Pusat, Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyerahkan pekerjaan pembersihan saluran air yang tersumbat kabel kepada para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Sekarang kan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah punya PPSU, jadi biar PPSU yang mengerjakan. Kami sudah merekrut puluhan ribu petugas PPSU yang siap menangani saluran air itu," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (4/3).

Selain para petugas PPSU, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, ada juga pihak-pihak lain yang turut melakukan pengecekan secara langsung di dalam gorong-gorong yang tersumbat kabel itu.

"Sudah banyak petugas yang ikut mengecek gorong-gorong itu, bukan cuma petugas PPSU, tetapi juga dari kepolisian bahkan dari Kopaska (Komando Pasukan Katak)," ujar Ahok.

Sementara itu, terkait keterlibatan Kopaska dalam pengecekan saluran air yang tersumbat oleh kabel, dia menilai hal tersebut wajar dilakukan mengingat lokasinya berdekatan dengan Istana Presiden.

"Kalau Kopaska memang mau bantu, ya silakan saja. Lagi pula, lokasi penemuan kabel di dalam gorong-gorong itu kan berada di kawasan ring 1, dekat dengan Istana Presiden, jadi wajar saja," tutur Ahok.

Seperti diketahui, penemuan kulit pembungkus kabel pertama kali terjadi pada Kamis (25/2) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Tiga hari kemudian, pada Minggu (28/2), kulit pembungkus kabel kembali ditemukan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan MH Thamrin.

Tidak berhenti sampai disitu, penemuan kulit pembungkus kabel terjadi lagi pada Ahad (29/2) di kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka Selatan. Proses pembersihan kulit-kulit kabel itu terus dilakukan oleh PPSU, sedangkan kepolisian masih mengusut pelakunya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement