Jumat 04 Mar 2016 20:12 WIB

Fiber Optik Palapa Ring Diharapkan Gunakan Produk Nasional

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Perindustrian Saleh Husin
Foto: Antara/Ampelsa
Menteri Perindustrian Saleh Husin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama untuk proyek Palapa Ring Paket Tengah dengan PT Len Telekomunikasi dengan nilai proyek sebesar 1,38 Triliun. Palapa Ring pun menjadi ‎proyek Infrastruktur Startegis Nasional.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husein mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas proyek jangka panjang ini. Sebab hampir 11 tahun digagas, proyek ini akhirnya bisa terwujud. Dengan proyek Palapa Ring, Saleh Husein yakin akan menggerakan perekonomian Indonesia, di saat pelemahan perekonomian global.

Saleh menuturkan, proyek inipun diharap bisa menyerap produksi dalam negeri khususnya untuk fiber optik. Karena saat ini sudah terdapat 10 perusahaan yang mampu memproduksi fiber optik dengan jumlah 1,6 juta Km setiap tahunnya.

"Dengan produk dalam negeri akan menciptakan nilai tambah yang lebih banyak," papar Saleh dalam penandatangan kerja sama proyek Palapa Ring Paket Tengah, Jumat (4/3).