Sabtu 05 Mar 2016 00:30 WIB

DI Yogyakarta tak Ikut Laksanakan PIN Polio

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Andi Nur Aminah
Anak diimunisasi
Foto: Safebee
Anak diimunisasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -– Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia pada 8 hingga 15 Maret mendatang berlangsung tanpa keikutsertaan Provinsi DI Yogyakarta. DIY menjadi satu-satunya wilayah yang tidak melaksanakan PIN 2016. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DIY Sulistyo mengatakan ada beberapa alasan mengapa DIY tidak melaksanakan PIN. Pertama, dia mengatakan, karena sejak 2007 DIY sudah menggunakan Inactivates Polio Vaccine (IPV) dan  cakupan Polio di DIY cukup tinggi dan merata (sekitar 98 persen).

"Hal ini juga didukung adanya hasil kesepakatan rapat koordinasi nasional pelaksanaan PIN Polio di Bogor 9-12 Februari 2016 yang menyatakan bahwa seluruh provinsi di Indonesia melaksanakan PIN Polio 8-15 Maret kecuali DIY," jelas Sulistyo. 

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Masalah Kesehatan, Daryanto Chadorie menambahkan,  DIY dipilih untuk menggunakan IPV karena ada surveilen ke tempat pembuangan limbah terpadu di Sewon yang menyatakan tidak ada polio liar.