Selasa 08 Mar 2016 11:55 WIB

Menkes: Imunisasi Polio Paling Efektif Cegah Kecacatan

Red: Andi Nur Aminah
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meneteskan vaksin polio pada balita di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Selasa (8/3)
Foto: Kemenkes
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meneteskan vaksin polio pada balita di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Selasa (8/3)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menkes Nila F Moeloek mengatakan imunisasi polio merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif untuk mencegah kesakitan, kecacatan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Menkes Nilai F Moeloek mengatakan hal itu pada pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dilakukan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Taman Cerdas Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/3).

"Untuk itu saya mengimbau semua pihak dapat melakukan upaya dan memberikan dukungan bagi kesuksesan PIN Polio ini dengan membawa balitanya ke Pos PIN terdekat untuk memperoleh tetesan vaksin polio," katanya.

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ibu Negara diikuti penetesan vaksin polio oral oleh Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Atiqoh Ganjar Pranowo Istri Gubernur Jateng dan Elizabet Endang Hadi Rudyatmo Istri Wali Kota Surakarta.

Indonesia telah berhasil mendapatkan Sertifikat Bebas Polio bersama negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Asia Tenggara atau South East Asia Region (SEARO) pada Maret 2014. Akan tetapi, dewasa ini ada dua negara yaitu Afghanistan dan Pakistan yang masih endemis polio.