Selasa 15 Mar 2016 16:45 WIB

Aher Ingin Pakansari Jadi Pusat Kegiatan Olahraga

Red: Citra Listya Rini
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher berharap Stadion Sepak Bola Pakansari berlokasi di daerah Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bisa menjadi sport center lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk atlet dan masyarakat umum.

"Kita tentu pertama bersyukur berbangga kita punya stadion. Dulu waktu 2008 saya jadi gubernur, kalau Persib main tuh selalu Jalak Harupat lagi, dan lagi. Nah sekarang lebih banyak pilihan. Karawang kita punya stadion, Bekasi kita punya, di kota Bandung kita punya, di Ciamis kita punya, di Cirebon ada," kata Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Selasa (15/3).

Hari ini Gubernur Jawa Barat melakukan peninjauan ke Stadion Sepak Bola Pakansari berlokasi di daerah Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor bersama dengan Bupati Bogor Nurhayanti.

Aher mengatakan, ada tiga sumber dana yang menanggung berdirinya Stadion berkapasitas 30.000 orang ini dan dana 'udunan', atau patungan dari APBD Provinsi Jawa Barat, APBD Kabupaten Bogor, juga Pemerintah Pusat pun ikut menyumbang.

Stadion ini pun September 2016 mendatang telah siap menjadi venue PON XIX/2016. Cabang Olahraga (Cabor) yang akan ditandingkan diantaranya sepak bola, dan sejumlah cabang atletik.

"Anggarannya kita 'udunan' bersama - sama. Ini (stadion Pakansari) berdiri, ada 3 sumber dana disini. Dari Provinsi ada, Kabupaten Bogor tentu, dari Pusat juga ada. Dari konsolidasi anggaran itu jadilah stadion ini," kata dia.

Aher juga memberi masukan agar menjadi pusat/komplek olahraga yang lengkap, yang dapat dimanfaatkan masyarakat Bogor dan sekitarnya maka bila memungkinkan, ia ingin kawasan tersebut diperluas hingga 100 hektare.

"Agar cita - cita kawasan ini jadi 'sport center' cukup kapasitasnya. Masih banyak yang perlu dilakukan termasuk penyelesaian kawasannya. Karena ke depan, saya, dan kita semua menginginkan, bupati juga menginginkan ini tidak hanya jadi stadion Pakansari tapi juga bisa jadi Komplek Olahraga Pakansari, Sport Center," katanya.

"Sekarang luas kawasan ini kurang lebih 60 hektare. Nanti mungkin bisa diperluas lagi hingga 100 hektare, sehingga sarana olahraga (venue) lainnya bisa ada disini juga. Jadi kalau di Kabupaten Bogor orang bilang 'Olahraga!', pasti orang langsung 'Pakansari!'. Itu yang kita harapkan," lanjut Aher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement