Selasa 29 Mar 2016 21:57 WIB

Ini Kekuatan Tempur Indonesia di Natuna

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu
Kepulauan Natuna
Foto: anna-world.com
Kepulauan Natuna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan, Jendral (Purn) Ryamizard Ryacudu mengaku sudah melakukan strategi pertahanan di Natuna. Hal ini tidak hanya terkait dari konflik LCS saja, tetapi untuk mengantisipasi adanya penyelundupan dan pencurian.

Ryamizard mengatakan, saat ini sudah ada satu flight pesawat tempur F16 berjumlah empat pesawat. Pesawat tersebut berada dipangkalan militer disana.

Selain itu saat ini sedang dilakukan perbaikan landasan pacu di Natuna. "Kita sedang perbaiki dulu. Nanti kita lengkapi radar dan penangkis udara. Kita juga akan tambah drone," ujar Ryamizard saat ditemui Republika.co.id di Kantor Menhan, Selasa (29/3).

Selain itu, saat ini rencananya akan ditambah penambahan dermaga yang bisa dipakai untuk mendarat tiga kapal perang ukuran besar. Dermaga tersebut nantinya akan diperuntukan bersandaranya tiga kapal ukuran 100 meter.

"Nanti ada kapal patroli dan searider untuk jarak dekat," ujar Ryamizard.

Ia mengatakan saat ini setidaknya ada satu kompi pasukan Paskhas. Selain itu akan ada penambahan satu kompi marinir dan satu batalyon rider.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement