Kamis 31 Mar 2016 12:32 WIB

PLN Palu Tunda Pemadaman Listrik demi UN

Red: Andi Nur Aminah
Petugas PLTU memeriksa kondisi pembangkit listrik.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Petugas PLTU memeriksa kondisi pembangkit listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- PT PLN (Persero) Area Palu menunda jadwal pemadaman listrik yang sebelumnya telah ditetapkan. Hal itu dilakukan demi kelancaran pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat yang dimulai pada Senin (4/4) mendatang. "Pemadaman listrik dalam skala lebih besar akan kami lakukan setelah UN berakhir," kata Manajer PLN Area Palu Emir Muhaimin, di Palu, Kamis (31/3).

Ia mengatakan, sesuai jadwal sebenarnya, PLN akan melakukan pemadaman listrik dalam jumlah yang lebih besar pada awal April 2016. Pemadaman listrik sudah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, dia mengatakan, karena bertepatan dengan pelaksanaan UN yang akan dimulai pada Senin (4/4), PLN terpaksa menunda jadwal pemadaman dalam skala lebih besar yang telah direncanakan dan baru akan dilaksanakan pada Sabtu (9/3). 

Pemadaman listrik dalam jumlah besar tersebut terpaksa diberlakukan PLN karena empat mesin pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PT Pusaka Jaya Palu Power (PJPP) tidak beroperasi. Selama ada pekerjaan pemasangan/penyambungan jaringan listrik dari PLTU masuk ke sistem interkoneksi dengan PLN, suplai daya dari PLTU dipastikan terhenti sementara waktu.