Sabtu 02 Apr 2016 17:45 WIB

Astronom Temukan Gas Raksasa Mengorbit pada Sistem Tiga Bintang

Red: Dwi Murdaningsih
Sistem 3 bintang (ilustrasi).
Foto: NASA
Sistem 3 bintang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Astronom dibuat bingung dengan adanya gas raksasa sebesar ukuran planet Jupiter yang mengorbit terhadap planet Kelt A. Bukan hanya gas raksasa yang mengrbit, tim juga menemukan sebuah planet yang cukup stabil dan dua bintang mengorbit pada bintang itu. Planet ini masuk dalam sistem tiga bintang.

Planet yang baru ditemukan ini dijuluki KELT-4Ab. Ini adalah planet keempat yang menempati sistem tiga bintang. Apa sih sistem tiga bintang itu? Planet yang ada pada sistem tiga bintang mengorbit pada satu bintang yang paling berat.

Tiga bintang tersebut adalah Kelt A, Kelt B dan Kelat C. Planet Kelt -4Ab mengorbit bntang Kelt A sekitar tiga hari sekali. Sementara bintang Kelt B dan Kelt C mengorbit pada Kelt A setiap 30 tahun atau lebih. Bintang Kelt B dan Kelt C terletak jauh dari Kelt A sehingga cahayanya tidak begitu terang.

Dua bintang lainnya bersinar seterang bulan juga mengorbit pada bintang yang paling besar itu. Awalnya, peneliti berfikir sistem Kelt ini hanya terdiri dari satu bintang. Kemudian, dengan berbagai penelitian lanjutan peneliti mengatakan sistem itu adalah biner. Sekarang, peneliti menaikkan lagi ke sistem tiga bintang.

Peneliti dari Harvard Smithsonian Centre for Astrophysics mengatakan bintang ini bersinar seterang Bulan. Untuk mempelajari sistem ini, tim menggunakan Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT), sepasang teleskop kontrol robotik. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Astronomical.

 

baca juga: Super Panas, Malam Hari di Planet Ini Capai Seribu Derajat Celcius

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement