Rabu 06 Apr 2016 06:17 WIB

Majukan Pariwisata, Masyarakat Kalsel Bentuk Gernasta

Red: Hazliansyah
Pegunungan Halau-Halau di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan
Foto: gunungbagging.com
Pegunungan Halau-Halau di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN -- Menyukseskan program pemerintah dalam pengembangan pariwisata, masyarakat Kalimanan Selatan membentuk organisasi Gerakan Nasional Sadar Wisata (Gernasta).

Pemegang mandat membentuk organisasi tersebut Ristiaty kepada pers di Banjarmasin, Selasa menyebutkan sebelum dibentuknya kepengurusan Gernasta Kalsel, maka terlebih dahulu dibentuk tim Formatur.

Tim Formatur selain dirinya sendiri, juga ada Suprinah, Akhmad Arifin, Mohammad Ary, Hasan Zainuddin, dan Khuzaimi yang sudah dua kali melakukan rapat di Banjarmasin yang tugasnya membentuk kepengurusan.

Menurut Ristiaty, organisasi ini sifatnya independen, bertujuan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya kemajuan dunia wisata yang merimbas terhadap kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Selain penyuluhan, organisasi ini nantinya juga melakukan berbagai kegiatan untuk mengajak seluruh masyarakat, pentingnya sadar wisata.

Ristiaty menjelaskan bahwa organisasi akar rumput ini menjadi mitra pemerintah dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya untuk menerapkan tujuh dasar Sapta Pesona sehingga masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air siap menjadi tuan rumah yang baik.

"Tujuh Sapta Pesona itu adalah menjaga Ketertiban, Keamanan,Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Ramah tamah dan Kenangan. Gernasta akan pro-aktif dalam memobilisasi seluruh warga menuju masyarakat sadar wisata," ujarnya.

Kehadiran Gernasta saat ini diawali di Sulawesi Utara lalu ke Jakarta, Yogyakarta, Jabar, Semarang (Jateng), Magelang, DIY, NTB,NTT, Bengkulu, Babel,Sumut dan Toraja. Peluncuran lembaga swadaya masyarakat ini dijadwalkan berlangsung di Kali Code, Yogyakarta oleh Presiden pada 21 Mei 2016.

Pihaknya berupaya mengajak semua unsur masyarakat Indonesia untuk mempromosikan destinasi dan obyek wisata di daerahnya masing-masing. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement