Ahad 10 Apr 2016 20:15 WIB

'Volunteer Camp ACT’ Jaring Bibit Relawan Andal

Peserta Volunteer Camp mendapat pelatihan water rescue.
Foto: Dokumen
Peserta Volunteer Camp mendapat pelatihan water rescue.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Volunteer Network Department bersama Disaster Management Institute of Indonesia(DMII) – Aksi Cepat Tanggap (ACT), menggelar Volunteer Camp Batch #5. Kali ini, bekerja sama dengan ACT Cabang Yogyakarta, camp dihelat di Waduk Sermo, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama dua hari, Sabtu – Ahad (9-10/4).

 

Pelatihan diikuti sebanyak 160 peserta berasal dari berbagai wilayah mayoritas di sekitar DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Mereka mendapatkan pelatihan intensif berupa keterampilan dan pengetahuan tentang kebencanaan.

 

Selain itu, kegiatan Volunteer Camp ini dalam rangka program perekrutan relawan untuk wilayah DIY dan sekitarnya. "Pelatihan ini untuk menjawab tantangan kebencanaan dan kemanusiaan yang berada di wilayah DIY khususnya, dan Pulau Jawa pada umumnya. Alumninya nanti akan ikut bergabung bersama Masyarakat Relawan Indonesia Wilayah DIY Jateng,” ujar Muhammad Affan, penanggung jawab Volunteer Camp DMII.

 

Lebih jauh Affan menjelaskan, para peserta mendapatkan pemahaman bagaimana menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang mitigasi, saat bencana terjadi dan menangani situasi pasca bencana.  

“Ada materi penguasaan skill untuk fire rescue menggunakan alat pemadam sederhana dan alat standar, pelatihan water rescue berupa teknik mendayung, cara menyelamatkan dan mengevakuasi korban di air,” jelas Affan.

 

Para trainer, imbuh dia, mengemas semua materi pelatihan, antara lain Capacity Building & Outbound Based on Disaster Games, Camping Ground, Duty Commitment, dengan cara fun dan menyenangkan. Ditambah  Sharing Session tentang kerelawanan dan pembentukan karakter relawan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement