Kamis 14 Apr 2016 22:47 WIB

Golkar Harus Kembali ke Ideologi Kekaryaan dan Gotong Royong

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Partai Golkar
Foto: .
Partai Golkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas), Mohammad Hailuki, menyarankan, Partai Golkar harus tetap mempertahankan khittahnya sebagai kekaryaannya. Hal ini terkait rencana penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar pada Mei mendatang.

Sebelumnya, panitia pengarah Munaslub Partai Golkar berencana untuk menerapkan kebijakan setoran terhadap para bakal calon ketua umum. Hailuki pun menilai, kebijakan ini malah semakin membuat Golkar menampilkan diri sebagai partai yang didentik dengan politik transaksional.

Padahal, dalam forum tertinggi partai politik, baik itu kongres ataupun munas, pada bakal calon ketua umum harus beradu gagasan atau ide yang sesuai dengan ideologi partai.

''Golkar mesti bisa mereformasi diri jangan lagi menampilkan diri sbgi partai konglomerat yg identik degan politik transaksional dan high cost,'' ujarnya kepada Republika.co.id, Kamis (14/3).

Untuk itu, ia menyarankan Golkar harus bisa kembali ke khittah kekaryaannya dan kembali menampilkan kekuatan ideologi gotong royong. Pada dasarnya, berdasarkan sejarah pembentukannya, Golkar terdiri dari organisasi trikarya, yaitu Kosgoro, MKGR, dan Soksi. Ideologi inilah yang seharusnya dipertahankan oleh seluruh kader Partai Golkar, termasuk para elit partai.

''Garis perjuangan dari tiga organisasi ini kan adalah gotong royong dan kekeluargaan, bukan transaksional,'' kata peneliti dari Centre for Indonesia Political and Social Studies (CIPSS) tersebut.

Selama Partai Golkar tidak kembali ke ideologi kekaryaan dan gotong royong, lanjut Hailuki, maka sulit bagi Partai Golkar untuk bisa melepaskan diri dari politik-politik transaksional.

"Selama Golkar tidak kembali ke khittah gotong royong, maka syarat apapun yang diterapkan dalam kongres atau munas tidak bisa menghilangkan pola-pola transaksional,'' ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement