Ahad 17 Apr 2016 17:41 WIB

Etnis Minang, Batak, dan Sunda tak Puas Kinerja Jokowi

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di atas pesawat kepresidenan
Foto: antara
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di atas pesawat kepresidenan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mensurvei tingkat keyakinan dan kepuasan warga terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kuatral pertama 2016. Salah satu demografi yang disurvei yakni, penilaian etnis pada kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi. Serta, pada keyakinan atas kemampuan Presiden Jokowi memimpin Indonesia.

"Etnis Minang, Batak dan Sunda yang paling tidak puas atas kinerja Presiden Jokowi," kata kata Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan di Jakarta, Ahad (17/4).

Ia merinci, 67 persen etnis Minang, kurang atau tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Disusul etnis Batak dan Sunda, masing-masing 54 persen.

Kemudian, Djayadi melanjutkan, etnis Minang menempati posisi tertinggi yang tidak puas terhadap keyakinan atas kemampuan Presiden Jokowi memimpin, yakni sebesar 42 persen. Disusul etnis Batak sebesar 29 persen dan Betawi 25 persen.

 

"Di Minang ini cocok dengan hasil Pilpres (di mana suara terbanyak dimenangkan Prabowo Subiyanto-Hatta Rajasa)," ujarnya.

Djayadi menjelaskan, survei SMRC dilakukan pada 22 hingga 30 Maret 2016. Sebanyak 1.220 responden dipilih secara acak di seluruh Indonesia. Namun hanya sebanyak 988 responden yang bisa dianalisis hasilnya. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sample tersebut sebesar kurang lebih 3,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement