Selasa 26 Apr 2016 17:04 WIB

Lima Warga Terduga Antraks Tunggu Hasil Laboratorium

Red: Andi Nur Aminah
Bakteri antraks dilihat dari mikroskop.
Foto: daily mail
Bakteri antraks dilihat dari mikroskop.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Lima warga Pentadio Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo yang diduga kena antraks kulit, masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan di laboratorium Maros, Sulawesi Selatan. Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Arfan Boludawa, Selasa (26/4) mengatakan, hingga saat ini melalui gejala klinis sudah lima orang menjadi terduga anthrax yang terjangkiti dari ternak sapi yang sebelumnya menderita penyakit itu.

"Antraks kalau ke manusia yang kena kulit, sebanyak dua orang. Awalnya gatal, kemudian seperti melepuh dan berwarna hitam," kata Arfan.

Ia mengatakan untuk temuan kasus pertama manusia terjangkit penyakit itu, korban sebagai pemilik ternak sapi dan menyembelih. Kemudian ia mengolah daging dari hewan yang sakit dan terduga antraks. "Untuk terduga lainnya yaitu dua ibu hamil, mereka sempat mengolah dan mengonsumsi daging kerbau yang diperoleh dari korban pertama," ungkap Arfan.

Ia menambahkan, kedua warga tersebut dicurigai terkena antraks karena sudah mengalami gejala demam, sakit kepala dan gangguan pernafasan. Selain itu, ada bayi berusia enam bulan. Dia mengalami kejang dan diare hebat. "Memang di rumahnya ada yang mengolah dan mengonsumi daging tersebut, namun kami masih mendalami hal ini," tutup Arfan.

Di kabupaten Gorontalo, sekitar 40 ekor lebih hewan ternak seperti sapi dan kerbau yang mati karena sakit dan diduga terkena bakteri antraks. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ لَقَدْ ظَلَمَكَ بِسُؤَالِ نَعْجَتِكَ اِلٰى نِعَاجِهٖۗ وَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ الْخُلَطَاۤءِ لَيَبْغِيْ بَعْضُهُمْ عَلٰى بَعْضٍ اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَقَلِيْلٌ مَّا هُمْۗ وَظَنَّ دَاوٗدُ اَنَّمَا فَتَنّٰهُ فَاسْتَغْفَرَ رَبَّهٗ وَخَرَّ رَاكِعًا وَّاَنَابَ ۩
Dia (Dawud) berkata, “Sungguh, dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk (ditambahkan) kepada kambingnya. Memang banyak di antara orang-orang yang bersekutu itu berbuat zalim kepada yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; dan hanya sedikitlah mereka yang begitu.” Dan Dawud menduga bahwa Kami mengujinya; maka dia memohon ampunan kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertobat.

(QS. Sad ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement