Rabu 04 May 2016 14:13 WIB

Konsumsi Rumah Tangga Masih Jadi Andalan Pertumbuhan Ekonomi

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Warga membeli sembilan bahan pokok di Pasar PSPT, Jakarta Selatan.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Warga membeli sembilan bahan pokok di Pasar PSPT, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, ‎JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2016 mencapai 4,92 persen‎ (year on year). Angka ini lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi kuartal I 2015 sebesar 4,73 persen. Namun turun dibandinkang kuartal IV 2015.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, pertumbuhan perekonomian global yang masih tertatih memberikan dampak cukup besar pada pertumbuhan perekonomian Indonesia. Sebab laju ekspor maupun impor ikut mengalami penurunan. 

"Untuk ekspor kita turun 3,88 persen dan impor turun 4,24 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015," ujar Suryamin dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (4/5).

‎Menurutnya penurunan laju ekspor impor bisa tertolong dengan peningkatan nilai konsumsi ruamh tangga yang memberikan porsi terbesar dengan nilai mencapai 58,56 persen dalam pertumbuhan ekonomi kuartal I, yang naik 4,94 persen. "Konsumsi rumah tangga ini memiliki share tebesar dalam pertumbuhan ekonomi, dan membuat laju ekonomi kita cukup tinggi," lanjut Suryamin.

Untuk  pertumbuhan konsumsi lembaga non profit rumah tangga pada kuartal I 2016 adalah 6,38 persen. Nilai konsumsi lembaga non profit rumah tangga memiliki porsi 1,16 persen dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.‎ Sedangkan Konsumsi pemerintah masih tumbuh rendah 2,93 persen pada kuartal I 2016, dan mampu memberi porsi 6,8 persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Sementara pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi mengalami pertumbuhan sebesar 5,57 persen‎ dengan sumbangsih porsi 33,16 persen. Peningkatan ini seiring dengan semakin banyaknya investasi yang masuk ke dalam negeri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ اَنْ يُّهْلِكَ الْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَاُمَّهٗ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۗوَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Sungguh, telah kafir orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?” Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement