Selasa 10 May 2016 15:47 WIB

Besok, PDIP Uji Kelayakan Haji Lulung untuk Cagub DKI

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ilham
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan, Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan, sejauh ini sudah ada beberapa orang di luar partainya yang mengajukan pendafataran untuk pencalonan gubernur DKI 2017 di PDIP. Salah satunya adalah politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

"Besok Pak Haji Lulung akan menjalani fit and proper test (uji kelayakan) di DPP PDIP. Semua calon-calon yang mendaftar ke kami pasti bakal diuji kelayakannya untuk memimpin Jakarta ke depan," kata Prasetio kepada wartawan di Kompleks DPRD DKI Jakarta, Selasa (10/9).

Menjelang Pilkada serentak 2017, dinamika politik di Jakarta masih berpeluang besar untuk mengalami perubahan dalam beberapa waktu ke depan. Untuk itu, PDIP menyatakan siap membuka keran koalisi kepada parpol mana pun, termasuk dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

"Dalam membangun koalisi (untuk pilkada), kami membuka peluang dengan siapa pun, dengan semua partai yang ada di Indonesia. Itu kan sah-sah saja," katanya.

Ia menuturkan, mekanisme koalisi yang akan dibangun PDIP dengan parpol lain sepenuhnya ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang banteng tersebut. Di samping itu, setiap keputusan politik menyangkut pasangan calon yang akan diusung pada Pilkada nanti juga ditentukan oleh Megawati Sukarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Semua keputusan ada di ibu Mega," ucapnya.

Selain itu, kata Prasetio, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini juga tengah berusaha membangun komunikasi politik dengan PDIP. Menurut jadwal, para pimpinan tingkat daerah (DPD) dari kedua partai tersebut akan menggelar pertemuan pada Rabu (11/5), besok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement