Jumat 13 May 2016 09:09 WIB

Istilah Populer yang Ternyata Diambil dari Nama Ilmuwan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Alat eksekusi mati di era revolusi Prancis.
Foto: wikimedia
Alat eksekusi mati di era revolusi Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak kata yang biasa kita gunakan sehari-hari yang ternyata berasal dari  nama ilmuwan. Berikut sebagian daftarnya yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Algoritma

Kata ini diambil dari nama astronom dan matematikawan Muslim abad pertengahan Muhammad al-Khwarizmi, salah satu bapak aljabar dunia. Ia memiliki versi nama berbeda dalam sejumlah bahasa, tapi yang diadopsi ialah versi Latin nama keluarganya yakni Algorismus.

Nikotin

Nama nikotin diadaptasi dari Jean Nicot, duta besar Prancis yang membawa tembakau dari Lisbon, Portugal, pada tahun 1559. Di Perancis, ia membuat salep dari tanaman itu untuk mengobati pasien tumor dan kelak diketahui bahwa ada senyawa kimia adiktif yang terkandung dalam tembakau dan sejumlah tumbuhan lain.

Guillotine

Alat eksekusi hukuman mati guillotine terkenal pada masa revolusi Prancis dan pada masa itu dianggap lebih manusiawi daripada kapak, pedang, dan roda penghancur. Sesungguhnya alat ini diciptakan oleh doktor Perancis Antoine Louis dan insinyur Jerman Tobias Schmidt, tapi Dr Joseph Ignace Guillotin-lah yang menyarankannya sebagai alat eksekusi sehingga namanya yang digunakan.

Volt

Satuan untuk mengukur tegangan listrik ini diambil dari nama fisikawan Italia Alessandro Volta. Ia menemukan baterai listrik pada tahun 1800 dan namanya baru disetujui Kongres Listrik Internasional menjadi satuan ukuran pada 1880, cukup lama setelah Volta meninggal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement