Jumat 20 May 2016 12:05 WIB

IPW Jagokan Budi Gunawan Sebagai Pengganti Kapolri

Rep: c30/ Red: Andi Nur Aminah
Topi Polisi (ilustrasi)
Foto: senimanbeladiri.blogspot.com
Topi Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) menggadang-gadang Wakapolri Komjen Budi Gunawan sebagai calon pengganti Kapolri Jendral Badrodin Haiti. Masa kepemimpinan Badrodin sendiri hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Mantan Ketua Presidium IPW Neta S Pane menyebutkan ada lima nama yang menurut dia layak menjadi pengganti Badrodin. Lima nama itu yakni Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, dan Kalemdikpol Komjen Syafruddin.

"Dari lima calon itu Budi Gunawan (BG) yang paling memenuhi syarat," ujar Neta saat dihubungi di Jakarta, Jumat (20/5).

Alasannya kata dia karena BG sebagai Wakapolri adalah orang kedua di Jajaran Mabes Polri. Selain itu alasan kedua menurut Neta karena BG telah lolos uji kepatutan dan medapatkan persetujuan komisi III DPR RI.

Meski demikian dia menagtakan nama Budi Waseso atau akrab dipanggil Buwas juga memiliki peluang untuk menggantikan Badrodin. Hanya saja sambungnya posisi Buwas masih dibawah Budi Gunawan.

"Buwas juga punya peluang tapi kadarnya masih di bawah Budi Gunawan dan waktu BG sebagai Kabareskrim pernah dicopot oleh Jokowi dengan alasan menimbulkan kegaduhan dalam pemberantasan korupsi," papar Neta.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement