Ahad 22 May 2016 07:08 WIB

Cagliari dan Crotone Menuju Seri A

Rep: Frederik Bata/ Red: Fernan Rahadi
Serie A
Foto: Twitter Serie A
Serie A

REPUBLIKA.CO.ID, CAGLIARI -- Dua tim Seri B sudah memastikan diri promosi ke kasta tertinggi Liga Italia. Cagliari dan Crotone musim depan menjadi bagian dari Seri A.

Kemenangan 3-0 Cagliari atas Bari di San Nicola membuat tim tersebut merajai klasemen sementara. Hingga pekan ke-41 Seri B bergulir, skuat asuhan Massimo Rastelli mengumpulkan 80 poin. Unggul sembilan angka di atas Pescara di posisi ketiga.

Dengan menyisakan satu laga lagi, Cagliari aman ke kasta teratas. Kalaupun kalah, hanya Crotone yang berpotensi melewati. Skuat Pitagorici, julukan Crotone, tertinggal sebiji poin di bawah sang penguasa. Posisi dua besar cukup meloloskan dua tim tersebut.

Perjalanan Cagliari ke Seri A terbilang sensasional. Alberto Cerri dan rekan-rekan memetik 24 kemenangan sejauh ini. Tertinggi di antara kontestan Seri B lainnya. Armada I Sardi sempat menjadi juara paruh musim.

Kini satu kemenangan lagi memastikan skuat Gli Isolani menjadi kampiun kompetisi kasta kedua negeri Spaghetti. "Kami layak mendapatkan ini (promosi ke Seri A). Para pemain menunjukkan kualitas hebat, sekarang mereka berkesempatan merayakan," kata Rastelli kepada Sky, dikutip dari Football Italia, tengah pekan ini.

Presiden Cagliari Tommaso Giulini mendedikasikan hasil apik timnya untuk para penggawa yang cedera. Di antaranya ada nama Daniele Dessena dan Federico Melchiorri. Tak lupa ia menyebut para penggemar klub yang selalu mendukung mereka. "Saya memberitahu fans. Kami akan melihat anda di bandara untuk merayakan," ujar Giulini.

Tak berbeda jauh, Crotone juga merasakan kegembiraan yang sama. Poin 79 milik armada Pitagorici tak mampu dikejar Pescara. Sehingga sejarah besar akhirnya dicatat tim tersebut.

Pertama kalinya Crotone bermain di Seri A. Klub kecil dari Calabria melenggang ke kasta tertinggi negeri Piza. Walhasil emosi kebahagiaan terasa di kamar ganti skuat Red and Blue.

"Kami telah melakukan pekerjaan hebat musim ini. Hal terbesar dalam karier saya ketika melihat begitu banyak orang meneteskan air mata," tutur Juric.

Masih ada kemungkinan bagi Crotone  menjadi kampiun Seri B. Tertinggal sebiji poin dari Cagliari, secara matematis masih bisa dikejar. Liga menyisakan satu pertandingan lagi.

Jatah promosi dimiliki tiga klub. Satu tiket tersisa akan diperebutkan enam tim lewat jalur //play-off//. Antara lain, Pescara, Trapani, Bari, Cesena, Spezia, dan Entella.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement