Kamis 26 May 2016 14:40 WIB

Ditanya Soal Kontes Waria 2016, Waria di Lampung Kaget

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ilham
Waria (ilustrasi)
Foto: Republika Online/Mardiah
Waria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Susi terkejut mendengar kabar bakal ada pemilihan Miss Waria di Lampung, akhir bulan ini. Pengamen jalanan mandir dari dari toko ke toko, yang berkostum dan bergaya menyerupai perempuan tersebut terlihat kurang tertarik dengan ajang tersebut.

“Memang ada ya? Malah saya tidak tahu itu (ajang Miss Waria),” kata Susi, yang masih ‘memeluk’ kotak amplifier dan speaker serta tangan kanannya memegang mic, saat ditemui usai mengamen di pertokoan Jalan Sam Ratulangi, Bandar Lampung, Kamis (26/5).

Waria itu tidak tertarik ikut lomba pemilihan Miss Waria yang digelar sebuah lembaga tersebut. Alasannya, ia lebih tertarik untuk mencari penghasilan di jalanan, yang lebih jelas untuk kebutuhan sehari-harinya. “Saya harus mendapatkan uang mas setiap hari, jadi mengamen lebih saya kejar,” ujarnya.

Susi memang tidak sendirian mengamen jalanan secara mandiri dari rumah ke rumah dan toko ke toko. Kehidupan Susi banyak dihabiskan di jalanan ketimbang di rumah kontrakannya. Ia mengamen dengan berpakaian menyerupai kaum perempuan juga karena terpaksa, kebutuhan hidupnya harus dipenuhi.