Senin 30 May 2016 13:30 WIB

Indonesia-Norwegia Gelar Dialog HAM

Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi
Foto: Antara/Suwandy
Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia bersama dengan Pemerintah Norwegia mengadakan Dialog Hak Asasi Manusia (HAM) RI-Norwegia ke-12 untuk meningkatkan kerja sama dalam upaya promosi dan perlindungan HAM.

"Saya senang hari ini kami mengadakan Dialog HAM yang ke-12 setelah jeda dari dialog sebelumnya. Norwegia adalah negara pertama yang melakukan dialog HAM dengan Indonesia dan juga satu-satunya negara yang terus mengembangkan dialog HAM dengan Indonesia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Senin (30/5).

Menurut Menlu Retno, dialog HAM tersebut terakhir kali dilaksanakan di Jakarta pada 2012. Menlu RI berpendapat bahwa kedua negara perlu menyesuaikan agenda dialog HAM RI-Norwegia dengan isu-isu HAM terkini agar dapat lebih fokus menghadapi tantangan HAM spesifik yang sama-sama dialami kedua negara.

"Konflik dan perang banyak terjadi di dunia hingga menciptakan krisis kemanusiaan, bahkan HAM yang dasar saja tidak bisa dipenuhi. Demokrasi tidak berlaku di banyak negara. Nilai-nilai pluralisme, toleransi dan moderasi dibiarkan begitu saja. Hal ini menumbuhkan tidak adanya toleransi, kekerasan dan radikalisme," kata dia.